Tips Merawat Pakaian Wol yang Benar agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Pakaian Wol yang benar

Pakaian wol merupakan salah satu jenis pakaian yang sering digunakan karena kelembutan dan kenyamanannya. Namun, masih banyak orang yang melupakan tips merawat pakaian wol yang benar supaya tidak mudah rusak.

Mengingat pakaian wol memerlukan perawatan khusus agar tetap nyaman dan hangat ketika digunakan. Jika tidak Anda rawat dengan benar, pakaian wol dapat menyusut, kehilangan bentuknya bahkan rusak.

Maka dari itu, setiap orang sudah seharusnya mengetahui cara merawat pakaian wol mulai dari menyuci, jemur hingga menyimpannya. Berikut ini terdapat beberapa tips efektif merawat pakaian wol dengan benar agar kualitasnya tetap terjaga.

Tips Merawat Pakaian Wol yang Benar

Pakaian yang terbuat dari bahan wol akan memiliki risiko tinggi terhadap kerusakan apabila tidak Anda rawat sesuai anjuran. Berikut ini terdapat tips merawat pakaian wol dengan benar dan efektif agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

1. Jangan Gunakan Air Panas untuk Mencuci

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah menghindari penggunaan air panas untuk mencuci pakaian wol. Hal ini karena air panas dapat melemahkan serat-serat yang terdapat dalam pakaian wol.

Sebaiknya gunakan air dingin untuk mencuci pakaian berbahan wol karena dapat menjaga serta wol tetap dalam keadaan baik.

2. Pastikan Pakaian Benar-benar Kering

Pakaian berbahan wol merupakan pakaian yang rentan terhadap ngengat. Sehingga perlu tips merawat pakaian wol dengan tepat seperti memastikan pakaian benar-benar dalam keadaan kering.

Anda juga perlu menjemur pakaian wol di bawah sinar matahari yang cerah sebelum proses simpan atau pengemasan.

3. Jangan Sembarangan Mencampur Baju Berwarna

Cara mencuci pakaian bahan wol selanjutnya adalah jangan sembarang mencampur baju berwarna karena kemungkinan mengalami luntur warna. Biasakan untuk memisahkan pakaian wol putih dengan pakaian wol yang berwarna untuk menghindari resiko kelunturan warna.

4. Simpan dalam Kantong Katun

Tips merawat pakaian wol yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan menyimpan pakaian wol dalam kantong katun. Jika tidak ada, Anda bisa menyimpannya dalam kantong plastik dengan bola pengusir ngengat atau daun nimba kering.

Pakaian dengan bahan wol memang sudah seharusnya Anda simpan dengan kantong katun kecil. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontak langsung dengan pakaian yang lainnya.

5. Baca Instruksi pada Label

Sebelum mencuci pakaian wol, sebaiknya selalu periksa label tentang cara merawat pakaian wol yang benar. Dengan instruksi ini, Anda bisa mulai melakukan perawatan terbaik untuk pakaian berbahan wol.

Beberapa pakaian wol ada yang memerlukan pencucian kering, tapi ada juga yang dapat Anda cuci menggunakan tangan. Selain itu, ada juga pakaian wol yang dapat Anda cuci menggunakan mesin cuci dengan pengaturan khusus sesuai instruksi yang ada.

6. Peras dengan Lembut

Ketika Anda mencuci baju wol wanita dan pria, maka jangan lupa untuk memeras pakaian tersebut dengan lembut. Hindari memeras dan memelintir pakaian meskipun untuk menghilangkan kelebihan air sebelum mengeringkannya.

Hal ini karena memeras hanya akan membuat pakaian wol cepat rusak dengan benang-benang yang mudah keluar. Sebaiknya remas-remas dengan lembut, putar dengan lembut atau gulung menggunakan handuk Turki.

7. Membersihkan Noda

Ketika Anda tidak sengaja menumpahkan minuman atau kotoran lainnya pada pakaian wol, maka singkirkan secepat mungkin. Anda bisa merawat pakaian wol menggunakan pembersih noda seperti vanish atau ezee untuk menghilangkan noda tersebut.

Bersihkan pada bagian yang terkena noda dengan hati-hati agar pakaian wol tetap terjaga kualitasnya.

Merawat baju atau pakaian berbahan wol memang tidak boleh sembarangan. Maka dari itu, gunakan tips merawat pakaian wol dengan benar agar tidak cepat rusak dan kualitasnya tetap terjaga.

Lebih baru Lebih lama